SEMARANG, Mantranews.id – Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) hingga lurah dan jajaran di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang diminta untuk peka terhadap persoalan yang dialami masyarakat.
Pesan ini disampaikan Wali Kota Semarang Agustina Wilujeng Pramestuti melalui Wakil Wali Kota Semarang Iswar Aminuddin saat memberikan sambutan di kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Semarang Selatan, Senin (17/3).
“Kami minta agar semua keluhan masyarakat untuk dapat segera tertangani dengan baik,” bebernya.
Ia menilai, sebagai ASN atau birokrat sudah semestinya memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat.
Baginya, lebih baik tahu lebih dulu persoalan di lapangan sebelum muncul keluhan dari masyarakat.
Dengan meningkatkan sensitivitas atau kepekaan sosial tersebut, maka pihaknya bisa responsif mengambil kebijakan guna menangani persoalan yang ada.
“Lebih bijak bila sebelum ada aduan masyarakat, kita sebagai ASN, sebagai birokrat, bisa lebih paham dahulu terhadap kekurangan apa yang ada di lapangan. Itu lah yang namanya pelayanan, sebelum ada keluhan dari masyarakat kita harus lebih tahu dulu dan segera mengambil langkah-langkah penanganan,” sambung Iswar.
Keluhan-keluhan yang disampaikan secara online juga harusnya tak luput untuk disikapi.
“Keluhan-keluhan masyarakat ‘kan banyak jalurnya sehingga kita harus lebih peka dari hal-hal tersebut,” ujarnya.
Dalam kesempatan tersebut, Iswar juga menyampaikan hasil koordinasi dengan OPD di lingkungan Pemkot Semarang, visi misi Agustina Iswar segera diterapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).
“Kami akan berjanji semaksimal mungkin untuk dapat lebih menyejahterakan warga Semarang dan membawa Semarang menjadi lebih hebat. Tetapi itu tidak mungkin bisa kami realisasikan tanpa ada dukungan dari seluruh stakeholder, termasuk di Semarang Selatan. Dan Insya Allah operasional RT Rp25 juta per tahun akan kami realisasikan Juli seperti yang disampaikan Ibu Wali Kota sebelumnya,” pungkas Iswar. (hms | Mantranews.id)