Berita Kesehatan Pemerintahan

Pelayanan RSUD Salatiga Sampai Berjam-jam, Ini Respons Wali Kota!

Wali Kota Salatiga Robby Hernawan saat melihat pelayanan di RSUD Salatiga, Jawa Tengah, Rabu (9/4). (DOK. SETDA SALATIGA/Mantranews.id)

SALATIGA, Mantranews.id – Wali Kota Salatiga Robby Hernawan menemukan banyak hal yang perlu diperbaiki di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Salatiga. Salah satunya adalah sistem pelayanan pasien yang masih terlihat adanya antrean panjang.

“Secara umum berdasar wawancara langsung yang dilakukannya kepada pasien, pelayanan dan keramahan petugas sudah cukup baik. Namun secara sistem pelayanan, masih terjadi antrean yang cukup panjang,” kata Robby melalui keterangan tertulis yang diterima di Salatiga, Jawa Tengah, Kamis (10/4).

Menurutnya, antrean untuk pendaftaran pasien mencapai 2 jam. Kemudian antrean di poliklinik bisa mencapai 3 jam. Hal ini disebabkan selain jumlah pasien yang memang sangat banyak, dipengaruhi juga sistem aplikasi yang kadang terkendala.

Antrean panjang juga ditemukan di loket pengambilan obat. Menurut petugas, antrean disebabkan ratusan resep yang masuk secara bersamaan, sementara petugas di bagian resep terbatas.

Sementara di poli anak, Robby menemukan alat mesin USG tidak layak karena usia dan teknologinya sudah usang.

“Yang jadi masalah dan harus segera diperbaiki adalah waktu tunggunya terlalu panjang. Ada yang sampai 6 jam belum terlayani, ada yang 2 jam belum mendapatkan nomor urut, tolong diperbaiki lagi sistemnya supaya pasien tidak menumpuk lama. Perlu dibuat sistem cluster kedatangan pasien supaya tidak menumpuk,” tegasnya.

Robby mengatakan, peningkatan kualitas pelayanan di RSUD Salatiga ini merupakan tantangan bagi dirinya maupun manajemen rumah sakit.

“Fasilitas juga harus diperbarui, seperti alat USG tadi sudah sangat usang. RSUD menjadi rujukan bagi pasien ibu hamil, jadi harus dilengkapi peralatan yang canggih. Untuk perawat saya tekankan pentingnya service excellent. Salam, senyum, sapa harus selalu digalakkan. Ke depan saya ingin rumah sakit ini menjadi kebanggaan bagi Kota Salatiga,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Salatiga Riani Isyana Pramasanthi menyatakan, pihaknya siap menindaklanjuti semua arahan dari Wali Kota Salatiga Robby Hernawan.

“Segera kami laporkan tindak lanjut dari solusi permasalahan yang ada. Sudah ada rencana-rencana untuk perbaikan. Untuk tenaga medis, sesuai Analisis Beban Kerja (ABK) memang kami mengalami kekurangan,” kata Riani. (Angga Rosa | Mantranews.id)