Berita Pemerintahan Politik

Kudus Raih Penghargaan Pelayanan Prima dari Kemen-PANRB, Bupati Sam’ani: Ini Hasil Kerja Bersama

Pelayanan

KUDUS, Mantranews.id Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng) kembali meraih prestasi membanggakan dalam bidang pelayanan publik.

Kudus menerima penghargaan penilaian Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP) dengan predikat “Pelayanan Prima” dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen-PANRB).

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Otok Kuswandaru mewakili Menteri PANRB Rini Widyantini dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Jawa Tengah 2025–2029 di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang, Senin (5/5/2025).

Kabupaten Kudus berhasil mencatatkan skor evaluasi sebesar 4,61 atau kategori A. Capaian tersebut menempatkan Kudus menduduki peringkat keempat dari 16 kabupaten/kota di Jawa Tengah yang berhasil meraih predikat tertinggi.

Bupati Kudus Sam’ani Intakoris menyambut penghargaan itu dengan penuh syukur. Ia menyatakan bahwa capaian tersebut merupakan hasil dari kerja keras dan sinergi seluruh perangkat daerah yang berkomitmen menghadirkan pelayanan berkualitas.

“Penghargaan ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus melayani masyarakat dengan prima dan sepenuh hati. Ini adalah hasil kerja keras bersama seluruh jajaran Pemkab Kudus,” ujar Bupati Kudus Sam’ani Intakoris.

Capaian prestisius ini didasarkan pada penilaian terhadap tiga instansi layanan publik di Kabupaten Kudus, yakni RSUD dr. Loekmonohadi, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), serta Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AP2KB).

Ketiga instansi tersebut dinilai berhasil menyuguhkan layanan yang cepat, tepat, serta berorientasi pada kepuasan masyarakat.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial P3AP2KB Kabupaten Kudus Satria Agus Himawan menegaskan bahwa pihaknya akan terus berinovasi dan meningkatkan kualitas layanan meski telah meraih penghargaan.

“Kami tidak berpuas diri. Ini justru menjadi pemicu agar kami terus memperbaiki layanan publik demi mewujudkan pelayanan prima,” ucap Satria Agus Himawan.

Sebagai informasi, Musrenbang RPJMD Provinsi Jawa Tengah 2025–2029 turut dihadiri Gubernur Jawa Tengah Ahmad Luthfi, Wakil Gubernur Jateng Ahmad Taj Yasin, jajaran Forkopimda Jawa Tengah, Deputi Pelayanan Publik Kemen-PANRB, Staf Khusus Menteri PAN-RB, serta seluruh Bupati dan Wakil Bupati se-Jawa Tengah. (TUR – Mantranews.id)